Review buku Psikologi Perkembangan Islami

Psikologi Perkembangan Islami

Menyingkap rentang kehidupan manusia dari prakelahiran hingga pasca kematian

Identitas Buku :

Penulis                         : Aliah B. Purwakania Hasan

Penerbit                       : PT. Raja Grafindo Persada

Tebal                           : VII + 369 halaman, 1,5 cm

Cetakan                       : I

Tahun                          : 2006

Kota                            : Jakarta

 

Dilihat dari judul buku ini saja sudah dapat diketahui bahwa perspektif yang dipakai oleh penulis adalah perspektif Islam dalam penyelesaian permasalahan psikologi perkembangan. Dalam buku ini pula penulis mencoba untuk mengintegrasikan antara Islam dan psikologi perkembangan modern. Menurut saya inspirasi penulis dalam penyelesaian buku ini adalah Nash Al-Qur’an dan Hadist nabi beserta penafsirannya, serta tulisan salah seorang pakar psikologi perkembangan islam ialah Salisu shehu.

Dalam psikologi perkembangan masa kini yang cenderung lebih bersifat sekuler, artinya bahwa didalamnya lebih banyak bersifat materialis. Sebaliknya menurut cara pandang Islam, semua makhluk hidup yang ada di alam semesta ini adalah ciptaan Allah. Cara pandang inilah yang menjadi alasan mengapa penulis memilih psikologi perkembangan Islami sebagai tulisannya.

 

Kemudian ada juga kritik metodologi terhadap psikologi perkembangan modern. Oleh karenanya ummat Islam mau tidak mau harus menumbuh-kembangkan metodologi tersendiri dalam usahanya mengkaji psikologi perkembangan Islam.

Salah satu keistimewaan dari buku ini adalah tidak hanya menyajikan perkembangan manusia dari sudut padang islami saja, tetapi buku ini sukses mengintegrasikan dengan ilmu umum lainnya, seperti ilmu biologi (kedokteran/sains), psikologi agama, psikologi kontemporer, dan psikologi perkembangan itu sendiri.

Selanjutnya dibahas definisi dan ruang lingkup psikologi perkembangan Islam ke depan. Yang pada intinya mengkaji segala aspek perkembangan manusia dilihat dari perspektif Islam yang dimulai masa prakelahiran hingga masa pasca kematian. Sebagai tindak lanjut atas kritik penulis pada metodologi penelitian psikologi modern, terdapat metodologi penelitian psikologi yang sesuai dengan perspektif Islam. Aspek-aspek yang dibahas tersebut antara lain:

  1. Paradigma dasar psikologi perkembangan Islam. Berisi prinsip dasar psikologi perkembangan Islami, artinya pertumbuhan dan perkembangan manusia terjadi secara bertahap dan berkesinambungan. Memiliki pola-pola tertentu, ada proses yang harus terjadi.
  2. Faktor-faktor hereditas dalam perkembangan manusia.
  3. Perkembangan manusia prakelahiran hingga pasca kematian. Yang meliputi, tahap pra kelahiran (sesuai perspektif Islam maupun perspektif modern/maupun medis)
  4. Perkembangan fisik selanjutnya.
  5. Perkembangan kognitif yang akan terus dialami hingga kematian.
  6. Perkembangan emosional manusia, bagaimana seseorang mengatur emosinya, perkembangan ekspresi emosi.
  7. Perkembangan sosial pada diri manusia.
  8. Perkembangan bahasa manusia sebagai alat bantu komunikasi sosial.
  9. Perkembangan peran jenis kelamin,   munculnya penggolongan gender, perkembangannya dan apa peran jenis kelamin itu sendiri.
  10. Perkembangan moral. Apa pengertiannya, perilaku-perilaku yang menjadi dasar moral, perkembangannya dan tindakan moral pada godaan.
  11. Perkembangan spiritual.
  12. Bahkan kematian dan kehidupan setelah mati juga dibahas dalam buku ini.

Dari beberapa aspek yang dibahas dalam buku ini, penulis berusaha untuk membahas secara mendalam pada perkembangan manusia (dalam hal ini psikologi perkembangan agamanya) dari masa prakelahiran hingga pasca kematian. Dengan cara mengintegrasikan psikologi perkembangan dengan teori maupun praktek ajaran Islam. Namun tidak meninggalkan pada pedoman-pedoman ummat Islam sebagai tolok ukur diterimanya psikologi perkembangan Islami di masyarakat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan kepada masyarakat dan, atau para orang tua pada umumnya dan khususnya para pendidik PAI untuk memahami secara mendalam buku ini.

Dengan membaca buku ini, diharapkan para calon pendidik dapat menggunakan strategi pembelajaran yang tepat bagi peserta didiknya kelak. Diharapkan pula di kemudian hari, ada yang bersedia mengkaji psikologi perkembangan Islami lebih dalam lagi sebagai pelengkap sekaligus penyempurna, mengingat masih sangat jarang buku yang megkaji psikologi perkembangan dari sudut pandang Islami.

About alfablitar

sangat suka ketenangan

Posted on February 7, 2012, in Pendidikan Agama Islam. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s